Stereo Encoder 4.864 Mhz Pemancar FM

Setelah on air pake PLL Veronica selama 2 bulan, aku kok merasa nggak srek dengan kualitas audionya kalo dibandingkan dg studio radio lainnya. Kayaknya ada yang kurang.....eh ternyata pemancarku masih mono. Trus buru-buru deh datang lagi alias sowan di tempatnya mbah google. Pusing deh aku milih-milih skema stereo encoder....buanyak sekali seh! Akhirnya aku pilih yg pake x'tal 4.864 mhz, skemanya simpel banget dan komponennya mudah dicari di kota tempat aku tinggal.  Semua komponen udah kebeli cuman satu yg ga ada x'talnya 4.864 Mhz! Bingung lagi neh....! Ya udah sementara rakit dulu pake pcb titik ato lubang-lubang, lagi males bikin layoutnya. Hampir 3 jam rakit stereo encoder. Ups.....kelar juga, tinggal cari x'talnya. Radio 2m band aku tak nyalain buat cari info dimana aku bisa dapetin x'tal 4.864 mhz. Ada temen yg punya rangkaian stereo encoder pake x'tal 4.864 gak dipake (katanya sih rusak ga nyala), aku disuruh ambil x'talnya aja. Dan akhirnya lengkap sudah rakitan stereo encoder. Trus digabungin ma pll veronica......'n......yes............pemancarku sekarang udah stereo, walaupun cuman pake mp3 player dan tone kontrol buat ngatur bass ma trebelnya. Sekarang seh tinggal ngumpulin duit lagi, rencana mau bikin boster biar gede wattnya.

Posting Komentar

0 Komentar